Home / Headline / KPUD OKU Timur Gelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran

KPUD OKU Timur Gelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran

Martapura, Sumselupdate.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang dilakukan petugas PPDP di 1.528 TPS yang tersebar di 312 desa dan kelurahan secara serentak.

Kegiatan ini digelar menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018. Acara tersebut berlangsung di Ruang Bina Praja Pemerintah Kabupaten OKU Timur, Kamis (15/3/2018).

Data pemilih di OKU Timur, sebelum dilakukan pemutakhiran berjumlah 469.135 pemilih. Data ini diserahkan ke PPDP untuk dilakukan pencocokan dan penelitian selama satu bulan, dari 28 Januari hingga 18 Februari dan sudah ditetapkan di masing-masing tingkatan.

Baca Juga :  Urai Kemacetan, Polresta Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Enam Titik 

Pada rapat terbuka tersebut, KPU OKU Timur juga menyampaikan, dari data sementara hasil pencoklitan yang dilakukan PPDP, sebanyak 67.880 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan ditemukan sebanyak 32.151 pemilih belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tapi ada penambahan jumlah 10 ribuan pemilih hasil dari pencoklitan yang dilakukan PPDP.

“Untuk pemilih yang masuk TMS kita coret dalam daftar pemilih. Pemilih yang tidak memenuhi syarat ini ada yang sudah pindah domisili, meninggal dunia, dan tidak dikenal. Pemilih tidak dikenal ada data namanya, tetapi setelah dicoklit di lapangan ternyata orangnya tidak ada,” jelas Komisioner Bidang Divisi Mata Pilih KPU OKU Timur, Yuliansyah, usai rapat pleno penetapan DPHP.

Baca Juga :  Orok Berjenis Laki-laki Ditemukan Mengapung di Sungai Musi, Warga Kampung Kapitan Geger

“Sedangkan untuk pemilih yang belum memiliki KTP, datanya akan kita serahkan kepada Disdukcapil (OKU Timur) untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Hasil dari Rapat Pleno Penetapan DPHP Tingkat Kabupaten, KPU OKU Timur menetapkan jumlah pemilih setelah dilakukan pencoklitan sebanyak 475.189 pemilih yang terdiri dari laki-laki 241.651, perempuan 233.538. (mat)

Baca Juga

Kemenpan-RB Akomodir Honorer K2 di Penerimaan CPNS, Tapi…

Tomohon, Sumselupdate.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, honorer K2 pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *