Home / Headline / KPU OKU Sebut Jumlah TPS di OKU Miliki Kemungkinan Berubah Saat Pilgub 2018
Ilustrasi

KPU OKU Sebut Jumlah TPS di OKU Miliki Kemungkinan Berubah Saat Pilgub 2018

Baturaja, Sumselupdate.com – Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk Pemilihan Gubernur (Pulgub) Sumsel 2018 kemungkinan berubah. Dalam artian, bisa saja bertambah atau berkurang.

“Mengacu Pilkada Bupati dan Wakil Bupati OKU 2015 silam, jumlah TPS di daerah ini adalah sebanyak 714 TPS. Namun kita belum tahu apakah jumlah itu akan tetap sama saat Pilgub nanti. Bisa saja jumlahnya berkurang atau bertambah,” kata Divisi Logistik KPU OKU, Imaduddin, Selasa (5/12/2017).

Yang jelas kata Imaduddin, jika nanti terjadi perubahan mengenai jumlah TPS itu saat Pilgub nanti, maka pihaknya akan segera mengajukan surat ke provinsi untuk meminta direvisi anggaran pelaksanaan pilkada di Kabupaten OKU.

Sementara untuk jumlah logistik Pilgub 2018, Imaduddin mengaku, pihaknya belum tahu secara rinci berapa yang dibutuhkan untuk Kabupaten OKU.

Baca Juga :  PKB Tepis Isu Sudah Ada Pasangan Balon Wako dan Wawako

Namun mengingat ada beberapa logistik Pilkada Bupati dan Wakil Bupati OKU 2015 silam kondisinya saat ini masih bagus dan layak pakai, maka bisa dipastikan logistik itu tetap akan digunakan pada Pilgub 2018.

Misalnya, kotak suara yang saat ini jumlahnya ada sekitar 10 ribu unit. “Ya, untuk kotak suara saya rasa kita masih menggunakan stok yang lama, karena kondisinya masih bagus. Saya kurang hafal jumlah persisnya, namun diprediksi sebanyak 10 ribuan,” bebernya.

Sesuai tahapan Pilkada lanjut dia, kotak suara itu biasanya akan didistribusikan ke kecamatan pada H-3, kemudian H-2 harus sudah sampai di PPS dan H-1 di TPS.

Baca Juga :  Pelatih Sriwijaya FC Mengaku Buta Kekuatan PS TNI di Musim Ini

Sedangkan Divisi Program dan Data KPU OKU, Erwin Suharja menambahkan, pihaknya secara umum saat ini masih menunggu petunjuk dari provinsi untuk mengatur tahapan Pilgub Sumsel 2018.

Namun kata dia, berdasarkan pengalaman Pilgub 2014 silam, biasanya setiap kandidat yang akan bertarung akan mengadakan kampanye akbar di OKU, karena merupakan daerah transit dan perlintasan yang bisa menjangkau 2 kabupaten tetangga lainnya yakni OKU Timur dan OKU Selatan.

Lalu bagaimana dengan tingkat partisipasi pemilih di Pilgub nanti, Erwin mengatakan, pihaknya optimis partisipasi pemilih akan mengalami kenaikan dibandingkan Pilgub 2014 silam. “Kita targetkan tingkat partisipasi pemilih di OKU ini nanti bisa diatas 70 persen,” tandasnya. (wid)

Baca Juga

Rapat Raperda Pesta Rakyat Menjadi Perdebatan

Sekayu, Sumselupdate.com – Rapat Pesta Rakyat di Ruang Banmus DPRD Muba yang dimotori oleh Pansus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *