Home / Headline / Korut Pindahkan Rudal Antarbenua ke Pantai Barat, Uji Coba Lagi?
Rudal ICBM Korut dalam foto tanpa tanggal

Korut Pindahkan Rudal Antarbenua ke Pantai Barat, Uji Coba Lagi?

Pyongyang, Sumselupdate.com – Korea Utara (Korut) terpantau memindahkan objek yang diduga roket pendorong untuk rudal balistik antarbenua (ICBM) miliknya. Roket untuk rudal ICBM itu dilaporkan dibawa ke arah pantai barat negara komunis itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (5/9/2017), informasi ini dilaporkan oleh media Asia Business Daily Korea Selatan (Korsel) dengan mengutip seorang sumber intelijen Korsel yang tidak bisa disebut identitasnya.

Disebutkan sumber intelijen itu, roket untuk rudal ICBM itu mulai dipindahkan pada Senin (4/9) waktu setempat, atau sehari setelah Korut menggelar uji coba nuklir terbarunya.

Roket itu terdeteksi dipindahkan pada malam hari, yang diduga untuk menghindari pengintaian satelit. Diketahui bahwa Korut memiliki fasilitas peluncuran rudal di pantai barat wilayahnya.

Baca Juga :  Tahan Imbang Perseru Serui, Sriwijaya FC Terpaku di Lima Besar

Laporan yang disampaikan sumber intelijen Korsel ini belum bisa dipastikan kebenarannya.

Kementerian Pertahanan Korsel mengaku belum bisa mengkonfirmasi laporan itu. Namun pada Senin (4/9) kemarin, otoritas Korsel mengungkapkan dugaan bahwa Korut sedang bersiap untuk meluncurkan lebih banyak rudal, termasuk rudal ICBM, kapan saja.

Sebelumnya, intelijen Korsel dengan tepat memprediksi uji coba nuklir terbaru Korut. Pada akhir Agustus lalu, intelijen Korsel menyatakan pihaknya mendeteksi tanda-tanda yang menunjukkan Korut sedang mempersiapkan sebuah uji coba nuklir di lokasi peluncuran bawah tanah Punggye-ri.

Prediksi itu terbukti kebenarannya saat Korut benar-benar menggelar uji coba nuklir terbaru pada Minggu (3/9) kemarin. Korut bahkan mengklaim uji coba nuklir itu melibatkan bom hidrogen yang bisa dimasukkan ke dalam rudal ICBM, yang diklaim bisa menjangkau wilayah Amerika Serikat.

Baca Juga :  Muaraenim Ingin Tunda Porprov 2019

Menurut informasi terbaru yang dibeberkan anggota parlemen Korsel, yang telah mendapat penjelasan dari intelijen Korsel, Korut akan menembakkan rudal antarbenua miliknya dengan lintasan standar ke perairan Pasifik Utara. Rudal antarbenua Korut itu diduga akan diluncurkan saat peringatan hari berdirinya Republik Korut yang jatuh pada 9 September atau saat hari berdirinya partai berkuasa Korut, Partai Pekerja Korea pada 10 Oktober mendatang. (adm3/dtk)

Baca Juga

Polisi Belum Dapat Kronologi Utuh Briptu R Tembak Kader Gerindra

Jakarta, Sumselupdate.com – Polri mengaku belum mendapatkan kronologi yang pasti terkait perselisihan berujung maut antara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *