Home / Headline / Ketua Panwaslu Muaraenim Terkejut Temukan Namanya di Daftar Dukungan Calon Independen
Ketua Panwaslu Muaraenim Suprayitno.

Ketua Panwaslu Muaraenim Terkejut Temukan Namanya di Daftar Dukungan Calon Independen

Muaraenim, Sumselupdate.com – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Muaraenim, Suprayitno mengaku terkejut karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya ada dalam berkas dukungan calon perseorangan yang akan mengikuti Pilkada Muaraenim 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkannya di depan awak media usai menggelar rapat teknis Panwas Kecamatan dalam rangka evaluasi hasil verifikasi faktual calon perseorangan Pilkada Muaraenim 2018 di Hotel Griya Sintesa, Jumat (29/12/2017).

Dikatakan Yitno, sapaan akrabnya, hal itu diketahui saat ada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang menghubunginya untuk dilakukan verifikasi faktual. Selain itu, dirinya juga diberitahu oleh Panwascam jika ada nama dirinya dalam daftar dukungan yang akan diverifikasi.

“KTP saya juga ada di daftar yang memberikan dukungan. Tapi saya tidak tahu darimana sumber KTP tersebut didapatkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rawan Salahgunakan Kekuasaan, KPK Incar Petahana

Sebagai penyelenggara, ungkap Yitno, dirinya memang dituntut untuk netral. Namun secara pribadi, dirinya merasa tidak pernah menyerahkan fotocopy KTP untuk memberikan dukungan terhadap calon perseorangan tersebut. “Jadi PPS yang melakukan verifikasi saya perintahkan untuk mencoret nama saya atau dinyatakan sebagai TMS (tidak memenuhi syarat),” imbuhnya.

Masalah tersebut, ungkap Yitno tidak hanya dialami oleh dirinya, namun hampir di semua kecamatan masalah tersebut juga ditemukan. “Bahkan sampai ada yang membuat laporan kepada kita terkait hal itu,” lugasnya.

Selama verifikasi faktual, ujar Yitno, ada tiga masalah yang ditemui oleh Panwaslu yakni fotocopy KTP diigunakan untuk memberikan dukungan tanpa izin atau sepengetahuan yang bersangkutan, pemalsuan tanda tangan dan kurang maksimalnya kinerja PPS untuk melakukan verifikasi faktual.

“Besok pada rapat pleno hasil rekapitulasi kita akan sampaikan beberapa catatan, baik untuk tim pasangan perseorangan maupun untuk KPU,” pungkasnya. (azw)

Baca Juga :  Siap Sabet Juara di FLS2N SMP Tingkat Sumsel

Baca Juga

Soal KIP dari Jokowi, Kadisdik Sebut Sumsel Lebih Dulu Lewat PSG

Palembang, Sumselupdate.com – Berkaitan dengan kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo beberapa hari lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *