Home / Edukasi / Jumlah Anak SMA di Sumsel Putus Sekolah Mengagetkan
Kabid SMA Disdik Sumsel Bonny Syafrian.

Jumlah Anak SMA di Sumsel Putus Sekolah Mengagetkan

Palembang, Sumselupdate.com – Ditengah Pemerintah sedang gencarnya mengeluarkan program sekolah gratis hingga kuliah gratis, ternyata di Sumsel jumlah anak SMA yang putus sekolah cukup mengagetkan.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan jumlah anak putus sekolah di tingkat SMA pada tahun 2017 sebesar 0,75 persen atau sekitar 2250 dari total 300 ribu siswa. Jumlah tersebut turun cukup signifikan jika dibandingkan tahun 2016 yang mencapai angka 1,02 persen.

“Pada 2017 angka putus sekolah sebesar 0,75 persen, sedangkan tahun 2016 sebesar 1,02 persen. Walaupun persentasenya turun, jika dihitung dari total 300 ribu siswa, artinya masih ada sekitar 2250 anak di tingkat SMA yang putus sekolah,” terang Kabid SMA Dinas Pendidikan Sumsel Bonny Syafrian, Selasa (9/1/2018).

Baca Juga :  Usulan DPR: DBH Cukai Hasil Tembakau Naik Jadi 20 Persen

Dikatakan Bonny, bahwa ada banyak faktor yang menjadi penyebab anak di tingkat SMA putus sekolah. Diantaranya faktor keluarga yang orang tuanya bercerai, masalah ekonomi dan jarak ke sekolah yang jauh.

“Untuk faktor jarak sekolah yang jauh, kita membuat kebijakan agar sekolah terdekat menerima anak tersebut walaupun melebihi daya tampung. Misalnya jika dalam satu kelas menurut aturan pusat maksimal 36 siswa, jika faktor jarak sekolah lain jauh maka sekolah dekat rumahnya harus menerima. Dengan catatan anak tersebut memberikan surat keterangan tempat tinggal dari kades atau lurah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikut Gowes ‘Rewang’ Korem 044/Gapo Palembang-Muba

Namun, sambung Bonny, kebijakan tersebut tidak berlaku untuk sekolah di Palembang. Pasalnya, jumlah sekolah di Palembang cukup banyak terutama sekolah swasta. (sbw)

Baca Juga

Presiden Jokowi Tinjau Program Padat Karya Banyuasin

Tanjung Lago, Sumselupdate.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meninjau pelaksanaan Program Padat Karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *