Home / Headline / Jelang Lebaran Harga Ayam Kembali Meroket

Jelang Lebaran Harga Ayam Kembali Meroket

Palembang, Sumselupdate.com – Jelang lebaran yang tinggal dua hari lagi, harga ayam potong kembali meroket, jika sebelumnya sempat turun menyentuh harga Rp32 ribu/kg, kini harga ayam mencapai Rp42 ribu/kg, Rabu (13/6/2018).

Iman, penjual ayam potong di pasar Kuto mengatakan harga ayam mulau melonjak dari H-4 lebaran hal ini sering kali terjadi ketika akhir Ramadhan.

“Penjualan ayam potong sudah hampir normal setelah harga ayam turun, tapi sekarang harga ayam melejit naik jadi Rp32 ribu/kg, ini karena permintaan yang meningkat memasuki lebaran,” jawabnya.

Ia menambahkan kurang mengerti faktor penyebab naiknya lagi harga ayam potong saat ini, ada kemungkinan stock ayam yang mulai sedikit sehingga harga ayam naik, atau akibat dari mahalnya harga pakan ayam yang membuat para peternak harus mengelurkan kocek lebih.

“Harga ayam sempat murah karna ayam yang sudah dewasa yang mencapai berat lebih dari 2 kg untuk satu ekor ayam, mungkin menjadi salah satu faktor naiknya harga ayam,” tutur Iman.

Sahrol, penjual ayam juga mengatakan tingginya daya beli masyarakat membeli ayam potong di hari raya membuat pasokan ayam menurun sehingga mengakibatkan harganya kembali naik.

“Memang banyak pembeli yang terkejut tapi tidak mengurangi nian mereka untuk membeli, karna ayam potong sering digunakan sebagai makanan yang disajikan saat lebaran, jadi mereka tetap beli ” jawabnya. (syd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.