Home / Ekonomi / Inspektorat OKU Akan Periksa Penggunaan DD
Ilustrasi Dana Desa

Inspektorat OKU Akan Periksa Penggunaan DD

Baturaja, Sumselupdate.com – Inspektorat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kembali akan melakukan pemeriksaan penggunaan dana desa (DD) yang dilaksanakan oleh setiap desa di Kabupaten OKU. Kepala Inspektorat OKU, Ari Susanto mengatakan, pemeriksaan dana desa ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyimpangan atau temuan lainnya atas penggunaan DD oleh masing-masing desa.

“Kita sudah menyampaikan surat kepada para kepala desa untuk segera menyampaikan laporannya terkait penggunaan dana desa,” katanya.

Sementara,  Seketaris Inspektorat Kabupaten OKU, Robinsyah kepada wartawan mengatakan, pihaknya sebelumnya pada bulan september lalu, pihaknya pun melakukan pemeriksaan terhadap 143 desa, terkait penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahap I, yang sudah direalisasikan oleh masing-masing desa.

Baca Juga :  Janji Pekan Depan Ke Palembang, ini Alasan Stoper Sriwijaya FC Telat Bergabung

Berdasarkan dari hasil pemeriksaan, pihaknya telah mengecek fisik pembangunan dari realisasi ADD  bersama tim ke lapangan dan tidak ditemukan adanya penyimpangan.

”Selain itu masalah kelengkapan administrasi SPJ, memang belum sepenuhnya lengkap dari 143 desa yang ada di Kabupaten OKU, namun kami tetap melakukan pemeriksaan dan pembinaan terhadap penggunaan ADD”, ujarnya.

Robinsyah juga menuturkan bahwa Inspektorat berupaya memberikan perbaikan jika penggunaan dana desa dianggap tidak wajar, Ia juga menjelaskan dalam pemeriksaan tersebut ada 10 tim yang langsung turun kelapangan melakukan pemeriksaan di 13 Kecamatan.

Baca Juga :  Mencetak Atlet Berpestasi Dimulai Dari Usia Dini

”Secara cek fisik sample sudah dilaksanakan untuk pemeriksaan administrasi SPJ, nantinya pada awal Januari akan kami lakukan audit reguler, dan saat ini ada sebagian desa yang masih melengkapi administrasi”, terangnya. Inspektorat berharap agar penggunaan ADD dapat direalisasikan tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. (wid)

Baca Juga

Tak Punya Suket Pengganti E-KTP, Siap-siap Nama Dicoret KPU

Jakarta, Sumselupdate.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan mengungkapkan, KPU akan mencoret nama pemilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *