Home / Headline / Inilah Popularitas Cagub dan Cawagub Sumatera Selatan di Facebook Versi Rumah Data Indonesia
Paparan survey popularitas pasangan Cagub Cawagub Sumsel di Facebook.

Inilah Popularitas Cagub dan Cawagub Sumatera Selatan di Facebook Versi Rumah Data Indonesia

Muaraenim, Sumselupdate.com – Tinggal beberapa bulan lagi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan akan dilaksanakan. Para kandidat sedang gencar-gencarnya melakukan ragam aktivitas sosialisasi politik untuk menarik dukungan sebanyak-banyaknya.

Dalam aktivitas sosialisasinya para kandidat mengunakan banyak media. Mulai dari baleho, koran dan yang tengah popular saat ini yakni melalui media sosial seperti Facebook.

Dibanding media lainnya Facebook memang memiliki beberapa keunggulan. Facebook media yang hari ini paling banyak digunakan, Facebook sudah menjadi media yang begitu melekat dalam keseharian manusia.

Selain itu jangkauan Facebook juga sangat luas, tidak hanya di kota-kota tapi hingga ke pelosok desa.

Tidak heran Facebook akhirnya dijadikan sebagai media sosialisasi politik banyak digunakan politisi, termasuk para kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Rumah Data Indonesia, Lembaga Survei asal Bogor, Jawa Barat yang sebelumnya telah merilis data popularitas calon Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim.

Kemudian juga merilis data popularitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Berikut penjelasan Hendra Juansyah -Politic Consulting Manager Rumah Data Indonesia :

Kami dari Rumah Data Indonesia, telah melakukan sebuah analisa untuk melihat peta popularitas para kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Selatan di Facebook. Pelacakan data ini kami lakukan dari awal bulan Januari sampai dengan awal Februari 2018.

Baca Juga :  Maju di Pilgub Sumsel, Dodi Reza Dapat Dukungan dari Hanura

Basis penelitian ini adalah dengan melihat percakapan yang terjadi di antara warga internet di Sumatera Selatan melalui sebuah program yang dirancang khusus yang disebut R-Chart.

Pelacakan ini penting dan telah banyak dilakukan di beberapa pilkada seperti Jakarta kemarin yang sempat heboh. Facebook dengan segala kelebihannya telah menjadi media yang penting dalam era demokrasi digitial.

Selain media yang paling banyak digunakan oleh pemilih, Facebook juga memiliki jangkauan yang sangat luas. Ia berbeda dengan media cetak seperti koran misalnya, yang jangkauannya hanya berkisar di perkotaan.

Facebook telah menjadi media alternatif ketika banyaknya media yang hari ini dimiliki oleh tokoh-tokoh politik partai tertentu.

Facebook juga menjadi penting untuk melihat trend popularitas kandidat dikalangan generasi milenia, generasi “Jaman Now” yang menjadi penguna Facebook paling banyak.

Hendra menambahkan, Rumah Data Indonesia melakukan pelacakan percakapan warga internet (Facebook) Sumatera Selatan berbasis umur. Selain melacak popularitas secara umum kami juga melacak percakapan berbasis umur.

Baca Juga :  Gelar Sidang Praperadilan, Pengacara Jessica Sampaikan Belasan Poin Gugatan

Tujuannya untuk melihat tingkat keterkenalan para kandidat di warga internet dengan kisaran umur tertentu.

Pasangan Aswari-Irwansyah paling polular di warga internet umur 21-40 tahun. Sedangkan pasangan Dodi-Giri paling popular diumur dibawah 20 tahun.

Secara umum di antara empat kandidat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan pasangan Herman Deru – Mawardi Yahya adalah yang memiliki tingkat popularitas paling tinggi dengan angka 38,6% lalu diikuti oleh pasangan Aswari-Irwansyah dengan 25,3% kemudian disusul oleh pasangan Dodi-Giri dengan angka 20,4% dan terakhir pasangan Ishak Mekki-Yudha Mahyudin dengan angka 15,7%.

Inilah peta kekuatan kandidat calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan di Facebook. Ini adalah gambaran hasil kerja tim masing-masing kandidat.

Segala bentuk sosialisasi politik atau promosi politik yang mereka lakukan di Facebook tergambar di data ini.

“Penelitian ini sifatnya independen, kami tidak memihak salah satu kandidat. Kami hanya membantu memberikan gambaran, harapannya data ini berguna bagi semua kandidat. Berguna untuk mengevaluasi kinerja-kinerja tim media setiap kandidat,” demikian harap Hendra yang merupakan alumi UGM ini. (azw)

Baca Juga

Bawa 15 Paket Shabu, Purwoko Diamankan Aparat

Sekayu, Sumselupdate.com – Sebanyak 15 paket kecil diduga narkotika jenis shabu skembali diamankan oleh personil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *