Home / Headline / Ini Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Ini Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Jakarta, Sumselupdate.com – Samsung akhirnya mengumumkan secara resmi penyebab Galaxy Note 7 mudah meledak atau terbakar.

Menurut hasil penyelidikan Samsung, sumber masalah berasal dari dua hal berbeda di dua baterai rancangannya. Sebagaimana diketahui, kasus baterai terbakar Galaxy Note 7 banyak bermunculan di berbagai negara setelah resmi dirilis.

Samsung kemudian melakukan recall dan merilis unit pengganti dengan desain baterai baru. Namun baterai itu pun tetap bermasalah.

Baterai yang dirilis pertama, sebagaimana dikutip dari kompas.com, rangkum dari konferensi pers via streaming, Senin (23/1/2017), memiliki kelemahan desain di pojok kanan atas yang bisa menimbulkan korsleting.

Baca Juga :  Tunggakan Tinggi, Aliran Listrik 200 Pelanggan Diputus PLN

Casing eksternal baterai juga dinilai terlalu kecil untuk komponen di dalamnya, sehingga menyebabkan komponen-komponen itu tertekan dan mudah menimbulkan korsleting.

Sementara baterai jenis kedua yang dipasang di unit pengganti, memiliki kendala dalam proses manufakturnya. Baterai tersebut mudah terbakar karena ada cacat dalam proses pengelasan (penggabungan).

Menurut petinggi Samsung, hal itu terjadi karena pabrikan baterai terlalu terburu-buru memproduksi baterai demi memenuhi tuntutan kebutuhan.

Baca Juga :  Polres OKU Timur Gelar Press Release Akhir Tahun 2016

Sebelumnya, banyak yang menyebut ukuran baterai yang tidak umum membuatnya mudah terbakar. Baterai Note 7 yang bermasalah di batchpertama diketahui diproduksi oleh anak usaha Samsung sendiri, SDI.

Sementara baterai batch kedua yang berada di dalam unit pengganti adalah buatan Amperex Technology. Petinggi Samsung AS mengatakan, jika tidak ada cacat dalam unit baterai pengganti, kemungkinan Galaxy Note 7 masih beredar di pasaran hingga sekarang. (pto)

Baca Juga

Soal KIP dari Jokowi, Kadisdik Sebut Sumsel Lebih Dulu Lewat PSG

Palembang, Sumselupdate.com – Berkaitan dengan kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo beberapa hari lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *