Home / Ekonomi / Harga Ayam Mulai Melambung
Penjual ayam saat menanti pembeli.

Harga Ayam Mulai Melambung

Palembang, Sumselupdate.com – Saat ini harga ayam potong di pasaran mulai melambung, hingga mencapai Rp40 ribu/kg, yang sebelumnya dalam kisaran Rp26 ribu/kg.

Iman, salah seorang penjual ayam potong di Pasar Kuto Palembang mengatakan, saat ini harga ayam potong mulai naik menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

“Inilah yang sering terjadi ketika sudah mau mendekati bulan puasa, karena permintaan meningkat, sehingga stok dari kandang menipis, membuat harga ayam akan naik menyesuaikan dengan stok ayam,” ujarnya.

Ditambahkanya, saat ini ayam dengan ukuran ideal adalah di bawah berat 1 kg. “Untuk situasi sekarang ini ayam dengan berat di atas ideal memang kurang diminati terutama untuk para pemilik rumah makan dan katering,” tuturnya.

Iman juga mengatakan, biasanya harga ayam potong saat ini berlangsung hingga masa panen ke depannya. “Jika sudah masuk masa panen dan stok ayam potong sudah banyak, biasanya harga akan menurun perlahan. Jadi kita tidak bisa memastikan kapan,” jelasnya.

“Kita berharap kedepannya harga ayam bisa normal lagi diikuti dengan meningkatnya jumlah penjualan sehingga kita tidak mengalami kerugian,” tuturnya.

Tinik, pengunjung pasar, mengatakan cukup kaget dengan harga atam yang kembali naik. “Memang harga ayam potong naik mendadak ini buat kito tekejut, karno naeknyo drastis sekitar Rp3.000 /kg,” tukasnya. (syd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.