Home / Headline / Hakim: Novanto Terima Jam Richard Mille karena Jasa Urus e-KTP
Mantan Ketua DPR saat sidang untuk mendengarkan vonis atas dirinya.

Hakim: Novanto Terima Jam Richard Mille karena Jasa Urus e-KTP

Jakarta, sumselupdate.com– Majelis hakim menyatakan Setya Novanto menerima jam tangan merk Richard Mille dari pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. Jam mewah ini diberikan sebagai imbalan karena jasa Novanto memperlancar pembahasan anggaran proyek pengadaan e-KTP.

“Terdakwa Setya Novanto menerima jam tangan Richard Mille seri RM 011 seharga USD 135 ribu,” kata hakim membacakan fakta hukum putusan Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018) seperti dikutip dari detikcom.

Baca Juga :  Terkait Foto Ahli IT Hermansyah yang Beredar di Medsos, Polisi Sebut Itu Hoaks

Hakim menegaskan pemberian jam tangan itu karena jasa Novanto. Novanto selaku Ketua Fraksi Golkar saat proyek e-KTP diajukan tahun 2009 disebut berjasa mengurus pembahasan anggaran.

“Pemberian tersebut karena jasanya yang telah memperlancar proses pengadaan e-KTP, dan jam tangan pemberian tersebut telah dikembalikan terdakwa Setya Novanto kepada Andi Narogong karena ribut-ribut kasus e-KTP yang disidik KPK,” papar hakim.

Baca Juga :  Ngaku Polisi, Kawanan Pelaku Begal Rampas Motor Warga Palembang

Novanto sebelumnya dituntut jaksa penuntut umum dengan tuntutan hukuman penjara selama 16 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan terkait korupsi e-KTP. Novanto disebut jaksa mengintervensi pembahasan anggaran dan pengadaan hingga mendapatkan keuntungan.

Dari proyek e-KTP ini Setya Novanto telah memperoleh uang yang bersumber dari pencairan dana proyek e-KTP sebesar USD 1,8 juta dan USD 2 juta serta uang SGD 383 ribu. (adm3/dtc)

Baca Juga

Erick Thohir Optimistis Asian Games Berjalan Lancar

Jakarta, Sumselupdate.com – Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir optimistis penyelenggaraan Asian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *