Home / Headline / DPMD Babel Gelar Rapat Progres Pencairan dan Realisasi Dana Desa

DPMD Babel Gelar Rapat Progres Pencairan dan Realisasi Dana Desa

Pangkalpinang, sumselupdate.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kepulauan Babel menggelar rapat progres pencairan dan realisasi dana desa di daerah tersebut pada 2018 sehingga dapat mengetahui perkembangan penggunaan anggaran itu.

“Kami mendorong agar seluruh elemen dapat elemen dapat mensinkronkan kembali penggunaan dana desa di Kepulauan Babel,” kata Kepala DPMD Kepulauan Babel, Yuliswan di Pangkalpinang, Rabu (23/5/2018).

Ia mengatakan, Presiden RI menekankan agar dana desa juga dapat berputar di sekitar desa sehingga dapat secara efektif untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat desa.

“Peran camat harus ditingkatkan dalam upaya melakukan pengawasan realisasi dana desa dan bersinergi dengan tenaga pendamping,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Kepulauan Babel, Supendi, mengatakan bahwa terdapat empat perubahan dalam pengelolaan dana desa pada tahun 2018 seperti alokasi tambahan bagi desa yang masih tertinggal, pengelolaan fokus pada infrastruktur dan fasilitas desa, penerapan padat karya tunai dan pendistribusian menjadi tiga tahap dalam setahun.

“Dana desa bagi Kepulauan Babel pada 2018 sebesar Rp264.298.160.000 dan penyaluran tahap pertama sudah dilakukan 100 persen bagi 309 desa,” katanya. (SIP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.