Home / Headline / Didatangkan Langsung dari Ceko, Wessel Rel LRT Sudah Tiba di Jakarta Menuju Palembang
Wesel rel Light Rail Transit (LRT) yang didatangka oleh Waskita Karya langsung dari Ceko sebanyak satu seat yang diterbangkan dari bandara di Ceko ke Indonesia. Dan kini, wessel rel LRT sudah tiba di Jakarta.

Didatangkan Langsung dari Ceko, Wessel Rel LRT Sudah Tiba di Jakarta Menuju Palembang

Palembang, Sumselupdate.com – Untuk memenuhi kebutuhan akan wesel rel Light Rail Transit (LRT), Waskita Karya langsung mendatangkannya dari Ceko sebanyak satu seat yang diterbangkan dari bandara di Ceko ke Indonesia. Dan kini, wessel rel LRT sudah tiba di Jakarta.

Kepala Lapangan Proyek LRT Palembang PT Waskita Karya, Bambang Priyambodo, Sabtu (3/1/2018), mengatakan, saat ini wessel rel sudah tiba di Jakarta dan nanti dari Jakarta akan dibawa melalui kontainer menuju ke Palembang.

“Sesuai rencana pada minggu ini, wesel sudah tiba di Palembang untuk kita pasangkan di Depo Jakabaring dan Bandara SMB II Palembang,” katanya

Menurut Bambang wessel merupakan alat kontruksi rel kereta yang bercabang (bersimpangan) tempat memindahkan jurusan jalan kereta dan ini adalah alat yang cukup penting bagi LRT, lalu kemudian akan segera dipasang untuk kereta memutar.

Wessel sendiri saat ini dalam perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan delapan kontainer.

“Nanti setiba di Palembang, wesel akan langsung dipasangkan ke Depo di Jakabaring.  Sementara itu untuk sisanya diangkut dari laut dan akan dipasangkan untuk di bandara,” katanya.

Ditambahkan Bambang, khusus untuk wessel yang diangkut melalui laut baru tiba setelah 40 hari perjalanan dari Ceko menggunakan kapal besar menuju Singapore.

Paslon Pilwako Lubuklinggau

Di Singapore akan berganti kapal dan langsung diangkut menuju Pelabuhan Boom Baru Palembang.

“Sisanya memang kita angkut melalui laut karena alasan biaya yang relatif terjangkau. Selain itu pula masih bisa dikejar untuk pemasangannya,” urainya

Untuk pemasangan, Waskita akan mendatangkan tenaga ahli, mengingat pemasangan wessel sangat kompleks bila dibandingkan dengan pemasangan SCO yang dipasang di 13 stasiun LRT.

“Saat pemasangan akan ada tenaga teknisi khusus yang akan mendampingi, karena bagian ini butuh perhatian yang khusus,” katanya.

Lebih lanjut Bambang menambahkan, pengerjaan sarana dan fasilitas LRT juga terus dikebut. Sebanyak 13 genset sudah siap untuk diinstalasi di setiap stasiun LRT.

“Setiap stasiun juga dilengkapi dengan eskalator dan lift. Dan belum lama ini uji coba eskalator sudah dilakukan di stasiun zona 5 dan akan diteruskan di setiap stasiun,” katanya.

Sementara untuk progres pembangunan telah mencapai 85 persen dan untuk pengerjaan slab track atau rel kereta sudah mencapai 80 persen.

Selain itu pengerjaan juga masih terfokus pada pemasangan rel kereta yang meliputi pemasangan Single Cross Over (SCO), Double Cross Over (DCO) dan Turn Out (TO).

Untuk material unit SCO dan TO telah tiba di Palembang, sebagian sudah mulai dilakukan pemasangannya. (adi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.