Home / Headline / Diadukan Parpol Gara-gara Sipol, KPU: Pelapor Tak Sportif
Sidang penanganan pelanggaran administrasi Pemilu di kantor Bawaslu Jakarta.

Diadukan Parpol Gara-gara Sipol, KPU: Pelapor Tak Sportif

Jakarta, Sumselupdate.com – Komisioner KPU Hasyim Asyari menyebut 10 parpol tak punya dalil kuat dalam aduan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Para pelapor mengadukan dugaan pelanggaran administrasi mengenai sistem informasi partai politik (sipol) yang disebut bermasalah.

“Keseluruhan dalil (laporan) tersebut justru menunjukkan kelemahan dan tidak sportifnya pelapor sebagai suatu partai politik yang sedang mengikuti proses pendaftaran,” ujar Hasyim dalam sidang penanganan pelanggaran administrasi Pemilu di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017).

Baca Juga :  KPU Palembang Umumkan 90 Nama PPK yang Lulus Tes Wawancara

Pelapor yang mempersoalkan Sipol setelah dokumen pendaftaran peserta Pemilu dinyatakan tak lengkap diibaratkan Hasyim bak tim sepak bola yang mempermasalahkan aturan setelah tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Hal ini menurut Hasyim serupa dengan pelaporan Partai Idaman yang mempersoalkan formulir pendaftaran. Idaman juga menyinggung pemeriksaan dokumen yang dinilai tidak cermat.

“Terlapor (KPU) telah membangun seperangkat sistem teknologi sebaik dan semaksimal mungkin. Hal ini terbukti dengan pengembangan perangkat Sipol yang dilakukan jauh sebelum tahapan dimulai,” ujarnya.

Baca Juga :  Persiapan Pilkada 2017; KPU, Bawaslu¬†dan DKPP Gelar Bimtek Terpadu

KPU dalam jawabannya meminta Bawaslu mengambil keputusan menolak seluruh laporan pelapor. KPU juga meminta Bawaslu menyatakan pihaknya tidak melakukan pelanggaran administrasi.

Ada 10 parpol yang mengadukan dugaan pelanggaran administrasi mengenai sistem informasi partai politik (sipol). Kesepuluh parpol tersebut yakni PKPI Hendropriyono, Partai Idaman, PBB, Partai Bhinneka Indonesia, PKPI Haris Sudarno.

Kemudian Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia dan Partai Indonesia Kerja. (adm3)

Baca Juga

Rapat Raperda Pesta Rakyat Menjadi Perdebatan

Sekayu, Sumselupdate.com – Rapat Pesta Rakyat di Ruang Banmus DPRD Muba yang dimotori oleh Pansus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *