Home / Headline / Derita Penyakit Aneh, Bocah Miskin di Baturaja Ini Tak Bisa Buang Air Besar

Derita Penyakit Aneh, Bocah Miskin di Baturaja Ini Tak Bisa Buang Air Besar

Baturaja, Sumselupdate.com – Sungguh malang nasib seorang bocah di Baturaja bernama Alfahri berusia sekira 1 tahun. Bocah miskin yang tinggal di belakang SD Xaverius Kecamatan Baturaja Barat itu menderita penyakit aneh dan tidak memiliki lubang pembuangan air besar.

Akibatnya bocah tersebut harus menahan penyakit yang dideritanya sejak lahir.  Menurut informasi bocah itu sudah menjalani beberapa kali operasi, namun belum menunjukkan tanda membaik.

Saat ini bocah tersebut menjalani perawatan di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, pasca dioperasi di Palembang. “Pasien ini tidak memiliki saluran pembuangan air besar atau Astresiani sejak lahir,” kata Kadinkes OKU Suharmasto melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, Deddy Wijaya SKM, MKes saat dihubungi, Selasa (5/6/2018).

“Sudah dilakukan beberapa kali operasi di Palembang. Pertama Operasi kolstomo atau pembuangan saluran tinja di bagian perut bagian samping. Setelah operasi itu membaik dilakukan operasi anus,” paparnya.

Paslon Pilwako Lubuklinggau

Diketahuinya pasien ini kata Deddy awalnya, ada laporan dari masyarakat. Pihaknya jelas Deddy langsung mengecek ke lapangan. “Pasien dari keluarga miskin tak mampu berobat, lalu kita sarankankan dibawa ke rumah sakit. Pengobatan menggunakan KK dan KTP atau Jamsoskes,” jelasnya.

Korban sendiri sangat membutuhkan uluran tangan dari donatur apalagi korban harus menjalani perawatan sampai operasi selanjutnya.  Bahkan salah satu staf pegawai Dinkes bernama Putri atau akrab di sapa Zie  membuka donasi untuk membantu pasien tersebut.

Hal ini disebar nya melalui akun Facebook Poetri Ziie. Saat dibincangi melalui telepon ia mengajak untuk membantu pasien. “Sengaja kami lakukan. Pasien orang tidak mampu. Pastinya untuk pengobatan butuh dana, meski memang biaya pengobatan sudah menggunakan Jamsoskes,” tuturnya.

“Tapi orang tuanya pastinya butuh biaya untuk menunggu pasien dana dan biaya lainya. Makanya kita buka rekening donasi bantuan untuk pasien Alfahri,” jelas Putri, seraya mengajak semua elemen untuk membantu korban. (wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.