Home / Headline / Demi Keselamatan Penumpang, Dishub OKU Timur Periksa Puluhan Bus

Demi Keselamatan Penumpang, Dishub OKU Timur Periksa Puluhan Bus

Martapura, Sumselupdate.com – Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten OKU Timur bersama petugas terminal dari Dishub Sumsel melakukan Rump Check atau pemeriksaan kelengkapan dan kondisi angkutan lebaran di terminal Kota Baru Martapura, Kamis (15/6/2017).

Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi kendaraan, khususnya angkutan umum penumpang layak jalan dan dalam kondisi baik untuk dioperasikan.

“Rump Check ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan, keselamatan penumpang, serta memastikan kondisi angkutan harus layak jalan, termasuk memeriksa kelengkapan administrasi dan teknis,” ujar Kepala Dinas Perhubungan OKU Timur Drs Junaidi melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Baidori.

Baca Juga :  Bupati Muba Datangi Kantor Kejari dan PN Sekayu

Pelaksanaan Rump Check sendiri akan dilakukan selama satu minggu, terhitung mulai 15-22 Juni. Kendaraan yang diperiksa adalah Angkutan umum penumpang, baik Mini Bus Antar Kota, hingga Bus Lintas Provinsi.

Advertisment

“Hari ini kita dapati, kendaraan ada yang lampu sen tidak hidup, wiper kaca tidak berjalan, kaca lampu retak. Namun, masih kategori ringan. Jadi, hanya diberi peringatan untuk diperbaiki. Khusus surat-surat semua lengkap, baik izin trayek maupun KIR,” tambahnya.

Baca Juga :  Masyarakat Bumiayu Bersih-bersih

Dijelaskannya, sejauh ini Baidori menyampaikan belum terjadi peningkatan volume kendaraan dan penumpang, Ia memperkirakan terjadi peningkatan sekitar mulai 22 Juni mendatang.

“Kami mengimbau kepada pengusaha atau perusahaan angkutan agar sebelum mengoperasikan kendaraan angkutan sebaiknya dilakukan uji layak di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor. Ini untuk kenyamanan dan keselamatan kita bersama,” imbuhnya. (yul)

Baca Juga

​Sebanyak 316 Unit Rumah Tak Layak Huni Terima BSPS

Martapura, Sumselupdate.com – Sebanyak 316 unit rumah yang masuk dalam kategori tidak layak huni di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *