Home / Headline / Cegah Tindak Pidana, Anggota Sabhara Polres Mura Galakkan Giat Patroli

Cegah Tindak Pidana, Anggota Sabhara Polres Mura Galakkan Giat Patroli

Muarabeliti, Sumselupdatecom – Untuk mecegah terjadinya tindak pidana, anggota Satuan Sabhara Polres Musirawas (Mura) melaksanakan tugas preventif yaitu melaksanakan giat patroli rutin.

Patroli adalah giat bergerak dinamis dari suatu tempat ke tempat tertentu yang dilakukan oleh petugas guna mencegah terjadinya suatu tindak kriminal, memberi rasa aman, pelindung dan pengayom kepada masyarakat yang bersifat multifungsi.

Kasat Sabhara Polres Mura AKP M Harsono, SH memberikan arahan terlebih dahulu kepada anggotanya sebelum melaksanakan tugas patroli. Dia meminta kepada seluruh anggota agar mengutamakan keselamatan pribadi dan jika ingin bergerak jangan sendiri-sendiri.

Selanjutnya patroli Sat Sabhra Polres Mura bergerak ke arah Jalan Lintas Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo. Saat melintasi di jalan tersebut berpapasan dengan sepeda motor yang mencurigakan.

Baca Juga :  Hasil Patroli Malam, Polisi Temukan Senpi, Miras dan Golok

Kemudia petugas memutar arah untuk menghentikan laju sepeda motor tersebut, kemudian pengendara diperiksa. Setelah diperiksa tidak ditemukan suatu tindak pidana dan Ketua Regu Patroli menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Kemudian Patroli dilanjutkan ke arah Jalinsum, Kecamatan STL Ulu Terawas, pada saat melintasi jalan tersebut berpapasan dengan pelajar SMP yang baru pulang dari sekolah dan mengantar mereka sampai ke rumah.

Karena jarak tempuh dari sekolah ke rumah anak-anak tersebut sangat jauh. Pada saat di mobil anggota Sat sabhara Polres Mura menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada anak-anak tersebut. Kapolres Mura AKBP Bayu Dewantoro, SIK., MM membenarkan adanya kegiatan patrol yang dilaksanakan oleh Anggota Sat Sabhara.

Baca Juga :  Antisipasi Tawuran, Kapolresta Palembang Sahur di Jembatan Geledek

Kapolres Mura menjelaskan bahwa tugas Sat Sabhara adalah memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, mencegah dan menangkal seagala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta gangguan ketertiban.

Melaksanakan tindakan Refresif Tahap Awal (Repawal) terhadap semua bentuk gangguan kamtibmas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi keselamatan orang, harta benda dan masyarakat.

Melakukan tindakan refresif terbatas (Tipiring dan penegakan Perda), Pemberdayaan dukungan satwa dalam tugas operasional Polri dan melaksanakan SAR terbatas. (ain)

Baca Juga

Presiden Jokowi Tinjau Program Padat Karya Banyuasin

Tanjung Lago, Sumselupdate.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meninjau pelaksanaan Program Padat Karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *