Home / Ekonomi / Cegah Korupsi, Percepat Implementasi Transaksi Non Tunai
Suasana sosialisasi implementasi transaksi non tunai kepada bendahara penerimaan maupun pengeluaran OPD dengan Perbankan di Aula Bina Praja Pemkab OKU Timur, Rabu (31/1/2018).

Cegah Korupsi, Percepat Implementasi Transaksi Non Tunai

Martapura, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerja sama dengan Bank SumselBabel Cabang Martapura melakukan sosialisasi implementasi transaksi non tunai kepada bendahara penerimaan maupun pengeluaran OPD dengan Perbankan di Aula Bina Praja Pemkab OKU Timur, Rabu (31/1/2018).

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah serta sebagai pelaksana instruksi presiden nomor 20 tahun 2016 tentang aksi pencegahaan dan pemberantasan korupsi, untuk itu perlu dilakukan percepatan implementasi transaksi non tunai pada pemerintahan daerah.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui sekertaris daerah Drs H Idahmto mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan surat edaran nomor 910/1867/SJ tanggal 17 April 2017 tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah kabupaten/kota.

Baca Juga :  Kapolres OKU Timur: Medsos Bukan Sumber Informasi Akurat

Pelaksanaan transaksi non tunai pada pemerintahan daerah dilaksanakan paling lambat tanggal 1 januari 2018 dengan meliputi seluruh transaksi diantaranya, penerimaan daerah yang dilakukan oleh bendahara penerimaan/bendahara penerimaan pembantu dan pengeluaran daerah yang dilakukan oleh bendahara pengeluaran/ bendahara pengeluaran pembantu.

“Perubahan ini tentu ada tantangan, untuk itu perlu komitmen bersama, di antaranya komitmen regulasi, SDM, sistem informasi terintrgrasi, dan koordinasi dengan perbankan dan pengawasan pelaksanaannya. Dengan terselengaranya kegiatan ini diharapkan seluruh OPD dilingkungan Pemkab OKU Timur dapat melaksanakan transaksi non tunai dalam pengelolaan keuangan daerah,” jelasnya.

Kepala BPKAD OKU Timur, Jumadi menerangkan bahwa Pemkab OKU Timur sejak satu Januari lalu sudah menerapkan juga melaksanakan gerakan transaksi non tunai secara bertahap.

Baca Juga :  Ini Masukan Pepabri Terhadap Dewan OKU

“Tahapan jenis transaksi non tunai sudah berjalan, salah satunya adalah pembayaran gaji pegawai dan lain-lain. Diatas 5 juta seluruh transaksi sudah kita berlakukan. Namun, masih dipilah seiring kesiapan infrastruktur dari pihak perbankan Bank SumselBabel,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura, Muhammad Tobi menambahkan, pihaknya siap memberikan bimbingan dalam menjalankan transaksi non tunai ini. Serta dalam waktu dekat untuk wilayah dijalur komering akan segera di buka ATM, tinggal menunggu proses pemasangannya saja.

“Kedepan kita juga akan bekerja sama dengan toko-toko besar seperti indomaret dan alfamart untuk meletakan mesin Edc disetiap indomaret atau alfamart agar dapat membantu dan memudahkan masyarakat saat bertransaksi,” pungkasnya. (mat)

Baca Juga

Warga Iran Keracunan Jamur Mematikan, 11 Orang Tewas

Teheran, Sumselupdate.com – Sebanyak 800 warga Iran keracunan akibat memakan jamur liar di 10 provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *