Home / Headline / Buwas Pensiun, Ini Tiga Nama Calon Penggantinya
Presiden Jokowi.

Buwas Pensiun, Ini Tiga Nama Calon Penggantinya

Jakarta, Sumselupdate.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru, Kamis (1/3) besok di Istana Negara, Jakarta. Siapa yang akan menggantikan Komjen Budi Waseso?

“Benar, besok (Kamis, 1 Maret 2018) ada pelantikan Kepala BNN,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Rabu (28/2/2018) dikutip dari detikcom.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.00 WIB. Kepala BNN yang dilantik akan menggantikan Komjen Budi Waseso, yang akan masuk masa pensiun pada Maret tahun ini.

Sebelumnya, kabar mengenai pergantian Kepala BNN disampaikan oleh juru bicara Presiden, Johan Budi SP. Johan mengatakan keputusan pergantian Kepala BNN tersebut diambil Presiden Jokowi pada Rabu (28/2).

“Itu beberapa waktu yang lalu ya, tentu usulan itu datang, di antaranya dari Kapolri mengusulkan nama-nama, kalau nggak salah ada tiga nama. Dan tadi karena ada teman-teman yang menanyakan, tadi pagi saya konfirmasi, kemungkinan hari ini sudah diputuskan oleh Presiden. Kemungkinan hari ini,” ujar Johan Budi kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

Tiga nama yang diisukan menjadi Kepala BNN adalah Kalemdikpol Polri Komjen Moechgiyarto, Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, dan Deputi Penindakan KPK Irjen Heru Winarko. Jokowi sudah menerima masukan dari pihak terkait, seperti Kapolri Jenderal Tito Karnavian, soal pengganti Buwas.

“Tentu Presiden punya ukuran-ukuran untuk memilih Kepala BNN. Ukuran-ukuran itu bisa didapat dari banyak masukan, di antaranya dari Kapolri. Kriteria yang paling baiklah, yang profesional, integritasnya tinggi, bagus, berani, begitulah. Saya kira itu,” kata Johan.

Informasi yang didapat detikcom, dari tiga nama itu, Jokowi memilih Deputi Penindakan KPK Irjen Heru Winarko sebagai Kepala BNN yang baru menggantikan Budi Waseso. Namun belum diketahui apa yang menjadi landasan Jokowi memilih Heru. (adm3/dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.