Home / Ekonomi / Buah Kurma Kalah Bersaing Dengan Kue Lebaran
Penjual Kurma

Buah Kurma Kalah Bersaing Dengan Kue Lebaran

Palembang, Sumselupdate.com – Buah kurma yang pada awal memasuki bulan puasa mengalami peningkatan yang siknifikan karna begitu banyak masyarakat yang antusias akan buah yang berasal dari Negeri Arab sebagai sebuah ciri masuknya bulan suci Ramadhan.

Namun ketika sudah semakin mendekati hari Raya Idul Fitri minat masyarkat juga semakin menurun hal ini terlihat dari para pedagang kurma yang mulai mengalami penurunan omzet penjualan.

Disampaikan Arwin, salah seorang penjual kurma di pasar 16 Ilir Palembang, yang saat ini mendekati lebaran mengalami penurunan omzet penjualan.

“Memang pada saat awal luasa hingga pertengahan bulan penjualan buah kurma bisa sangat meningkat dalam sehari bisa menjual kisaran 70 samapai 80 kg buah kurma, namun saat ini semakin mendekati lebaran penjualan semakin sepi hanya bisa menjual sekitar 20 kg buah kurma dan inipun sedang menghabiskan stok yang masi ada,” ujarnya, Selasa (12/6/2018).

Lanjut pria warga pelaju ini menjelaskan faktor sepinya penjualan buah kurma diakhir bulan puasa ini memang seringkali terjadi disetiap tahunya, diantaranya sudah bosanya minat masyarakat dan juga dipengaruhi oleh persaingan yang dilakukan dari munculnya beragam jenis kue lebaran, yang membuat masyarakat lebih terfokus untuk membeli kue lebaran sebagai hidangan dihari Raya nanti.

“Sekarang ini masyarakat lebih memilih untuk membeli kue lebaran yang saat sudah mulai ramai bermunculan, dengan beragam jenis dan rasa. Kue lebaran memang sudah menjadi khas dari masyarakat kita jadi buah kurma mendekati lebaran kalah saing dengan kue lebaran, ” ungkapnya.

Dengan menurunya penjualan buah kurma akibat kalahnya daya saing akibat munculnya kue lebaran yang kemudian berdampak pada omzet penjualan seperti yang dialami Arwin, ketika diawal puasa omzet penjualanya mencapai Rp 350 ribu /hari namun saat ini omzet yang bisa diraih hanya mencapai Rp 100 ribu /hari.

Dikatan Eka warga Pakjo memang mendekati hari lebaran dirinya lebih fokus untuk membeki kue lebaran sebagai hidangan dihari raya, dan untuk buah kurma memang kita tidak mengkonsumsi sebanyak diawal puasa  dikarnakan sudah bosan dan banyak pilihan kue lebaran. (syd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.