Home / Ekonomi / Bekraf dan BI Kembangkan Aplikasi SI APIK Kepada UMKM
Eka Pan Lestari, Kasubag TU Akses Perbankan Bekraf

Bekraf dan BI Kembangkan Aplikasi SI APIK Kepada UMKM

Palembang, Sumselupdate.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkerjasama dengan Bank Indonesia (BI) untuk member sosialisasi mengenai aplikasi SI APIK yang merupakan aplikasi akutansi kepada pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Aplikasi SI APIK dibuat oleh BI untuk pencatatan informasi keuangan untuk pelaku UKM melalui smartphone. SI APIK yang dibuat berdasarkan standar BI dengan Ikatan Akutansi Indonesia dan dapat digunakan untuk pengajuan kredit kepada lembaga perbankan.

Eka Pan Lestari, Kasubag TU Akses Perbankan Bekraf, Kamis (14/9/2017) mengatakan, 85 persen permasalahan UMKM adalah keuangan. Memang belajar akutansi ribet, susah. Bank Indonesia mencoba membantu pengusaha UMKM dengan cara meluncurkan aplikasi yang diberi nama SI APIK yang dapat diunduh di Playstore Android.

Baca Juga :  Kepala SKPD Diimbau Menginventarisir Kendaraan Dinas

“Memang banyak aplikasi serupa di playstore namun yang digunakan oleh Bekraf ada dua yakni SIAPIK dan Akutansi UKM,” katanya.

Eka berharap dengan aplikasi ini pelaku usaha UKM mampu membuat laporan keuangan dengan menggunakan smartphone tanpa perlu lagi mencatat pada pembukuan.

“Pengusaha akan langsung mencatat di smartphone saat bertransaksi dan langsung ter update. Pengusaha tidak perlu capek memikirkan kedudukan neraca besar, jurnal pengeluaran, jurnal pembelian,” jelasnya.

Baca Juga :  Peringatan Hari Pahlawan di Muba Berlangsung Khidmat, Plt. Bupati dan Kapolres Tabur Bunga

Lanjutnya, dengan aplikasi ini, pengusaha kalau benar-benar melakukan pencatatan maka tidak akan ada kesalahan. Bank Indonesia yang mengeluarkan aplikasi ini juga mengontrol pengguna dan memberikan ruang untuk komentar pada aplikasi.

“BI akan menggali lebih dalam kepada pengguna dan akan menyempurnakan bila didapati aplikasi ini belum sepurna. Karena dari anggota UMK sangat banyak belum lagi bidangnya baik dari manufaktur, perdagangan dan sisi jasa lainnya, BI akan mengakomodir dengan aplikasi ini,” urainya. (adi)

Baca Juga

Panik Lihat Polisi, Indra Sembunyikan Shabu di Bra

Palembang, Sumselupdate.com – Pasangan¬† suami istri (Pasutri) Angga Dwi Hartono (40) dan Indra Dina (37), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *