Home / Headline / Bak Pilkada, Pemilihan Ketua RW 6, Kelurahan Muaraenim Digelar Secara Langsung
Proses pemilihan Ketua RW 6, Kelurahan Muaraenim.

Bak Pilkada, Pemilihan Ketua RW 6, Kelurahan Muaraenim Digelar Secara Langsung

Muaraenim, Sumselupdate.com – Warga RT1, 2 dan 3 di RW 6, Kelurahan Muaraenim melaksanakan pemilihan ketua RW secara langsung, Selasa (28/3/2017).

Meski hanya setingkat RW, namun warga tampak begitu antusias mengikuti dan menyalurkan hak pilihnya dalam kegiatan yang diikuti empat calon, yakni Harus dari calon nomor urut 1, Firmasnyah nomor urut 2, Zilfasihi nomor 3 serta Harianto calon nomor urut 4.

Karena hanya setingkat RW, pelaksanaannya-berlangsung sederhana dan menggunakan peralatan seadanya seperti meja dan kardus bekas, serta bok plastik sebagai kotak suara. Meski demikian, pemilihan tersebut tetap berjalan lancar dan kondusif.

Ketua Panitia Pemungutan Suara, Fahriansyah, saat dikonfirmasi menyampaikan, pemilihan ketua RW tersebut dibiayai dari dana swadaya masyarakat dengan tujuan untuk menarik minat warga agar
berpartisipasi dalam pemilihan.

Dikatakan Fahriansyah, pihaknya menyediakan sebanyak 800 surat suara atau sesuai dengan jumlah warga di RT 1, 2, dan 3, RW 6, Kelurahan Muaraenim.

“Totalnya ada 800-an mata pilih dari 360 kepala keluarga yang ada. Agar pelaksanaan mirip pemilu, panitia juga membuat peraturan mengenai tata cara dan waktu pencoblosan,” paparnya.

Ditambahkannya, surat suara yang dipilih akan sah bila terdapat satu tanda coblos. Selain itu, pantia juga menyediakan waktu pencoblosan hanya berlangsung lima jam atau dari jam 8 sampai 12 siang. “Lewat batas waktu maka pemilih yang  akan mendaftar untuk mencoblos ditolak panitia,” ucapnya.

Hal senada ditambahkan Lurah Muaraenim, Zohaludin. Dirinya mengatakan pemilihan ketua RW di Kelurahan Muaraenim seiring akan habisnya masa jabatan RW di Kelurahan Muaraenim per 31 Maret 2017.

Zohaludin mengapreasi pelaksanaan pemilihan tersebut karena dianggap bermanfaat sebagai media edukasi warga mengenai demokrasi. “Ini juga membuktikan bahwa masyarakat sudah dewasa dalam berpolitik, terlihat dari antusiasme masyarakat mengikuti pemilihan ketua RW ini,” paparnya.

Dia memastikan, semua proses, mulai dari penjaringan hingga pemilihan sampai dilakukan penetapan berjalan aman dan lancar, karena tak ada potensi gesekan antar warga. Selain itu, untuk menjaga suasana, warga juga bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas Polres Muaraenim.

“Alhamdulilah prosesnya berlangsung aman, tentunya siapa pun yang terpilih harus siap memberi dukungan demi lancarnya pemerintahan dan pembangunan, khususnya di Kelurahan Muaraenim selama menjabat empat tahun ke depan,” tandasnya. (azw)

Baca Juga

Nadine Kaiser, Putri Cantik Menteri Susi Resmi Jadi WNI

Jakarta, Sumselupdate.com – Putri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan Daniel Kaiser, Nadine Pascale …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *