Home / Headline / Bahu-Membahu Bersama Masyarakat Kunci Sukses dalam Penanganan Keamanan
Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru, SIK saat diwawancara wartawan Sumselupdate.com di ruang kerjanya.

Wawancara Khusus Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru, SIK

Bahu-Membahu Bersama Masyarakat Kunci Sukses dalam Penanganan Keamanan

Situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sempat menjadi perhatian serius pada tahun 2016. Fokus dalam penangana keamanan ini dikarenakan tindak kriminalitas meningkat tajam khususnya aksi begal yang nyaris hampir setiap hari terjadi.

Namun, berkat upaya dan kerja keras pihak Kepolisian Resort (Polres) OKU Timur yang bahu membahu bersama masyarakat dan elemen lainnya, kondisi menjelang akhir tahun ini  sudah kembali kondusif dan tingkat kejahatan secara signifikan terjadi penurunan.

Kunci kesuksesan Polres OKU Timur dalam menangani persoalan keamanan ini, selain meningkatkan koordinasi di internal, juga peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan publik.

Salah satunya adalah peluncuran aplikasi ‘Polisi Dalam Genggaman’ Polres OKU Timur yang bisa di-download oleh masyarakat melalui Play Store di handphone berbasis android dan IOS.

Namun di balik itu semua, ada salah satu tokoh berpengaruh dalam percapaian kesuksesan tersebut. Dia adalah Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru SIK.

Pria yang pernah menjabat Kepala Subdit IV Cyber Crime Polda Metro Jaya ini selalu menanamkan pondasi kedisplinan kepada semua jajarannya dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat OKU Timur.

Untuk mengetahui sejauh mana konsep dan program yang sudah dan akan diterapkannya nanti? wartawan Sumselupdate.com berkesempatan mewawancarai pria yang dikenal tegas dan bersahaja di ruang kerjanya belum lama ini.

 

1.Bagaimana kondisi keamanan secara keseluruhan di Kabupaten OKU Timur selama tahun 2016, Pak Audie?

Kondisi keamanan OKU Timur selama enam bulan terakhir sangat kondusif, angka kejahatan menurun dan ini sudah dirasakan masyarakat. Kita juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak dan masyarakat melalui aplikasi online ‘Polisi Dalam Genggaman’ yang kami luncurkan beberapa waktu lalu .

 

2.Menurut Bapak sejauh mana peran penting masyarakat dalam menurunkan tingkat kejahatan khususnya di Kabupaten OKU Timur?

Iya pastinya (sangat membantu), ini semua berkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat. Informasi masyarakat sangat membantu kinerja kami kepolisian. Kesadaran masyarakat OKU Timur terhadap keamanan sangat baik dan mulai peduli terhadap lingkungannya. Hal tersebut sudah pasti mempermudah kinerja dari kepolisian.

 

3.Melihat pemberitaan akhir-akhir ini, dengan maraknya pemakai dan pengedar narkoba yang tertangkap di wilayah OKU Timur, bagaimana Pak Audie melihatnya?

 

Saat ini kita sedang gencar-gencarnya menekan peredaran narkoba dan kita ingin mengajak masyarakat ikut ambil bagian, karena narkoba dan tindak kejahatan lainnya selalu berjalan seiring sejalan.

Salah satu penyebab dari tingginya angka kejahatan adalah narkoba, mari kita berantas bersama dan jangan segan untuk segera melapor apabila mengetahui, karena kami menjamin keamanan dari pelapor.

 

4.Kalau mengenai isu SARA, apakah di tahun 2016 Bapak melihat ada potensi yang muncul di wilayah hukum Bapak?

Kita sangat bersyukur untuk isu SARA di Kabupaten OKU Timur bisa dibilang tidak ada. Karena kehidupan masyarakat OKU Timur memiliki toleransi sangat tinggi dan berdampingan dengan harmonis. Semoga ini ke depan kita harapkan terus terjaga dengan baik.

 

5.Kembali ke Aplikasi yang diluncurkan Polres OKU Timur, pencapaiannya sudah sejauh mana dan kendala apa yang Bapak temui di lapangan?

Aplikasi online ‘Polisi Dalam Genggaman’ Polres OKUT saat ini sudah diunduh lebih dari tiga  ribu pengguna, lebih dari cukup dan akan lebih baik lagi bila semua masyarakat OKU Timur menggunakannya.

Tentunya dengan lebih kurang 500 personel untuk seluruh wilayah OKU Timur tidak bisa semua dikerjakan oleh polisi saja. Dengan dibantu aplikasi ini, di bawah tiga sampai lima menit laporan masyarakat, akan cepat direspon dan ditindaklanjuti aparat kepolisian.

Kalau untuk kendala, sejauh ini saya terus melakukan perbaikan sambil berjalan, melalui masukan dari masyarakat pengguna aplikasi, karena aplikasi tersebut dibuat langsung oleh saya dan satu-satunya Kapolres yang membuat aplikasi sendiri tanpa bantuan Ahli IT dari luar.

 

Aplikasi ‘Polisi Dalam Genggaman’ Polres OKU Timur yang dibuat sendiri oleh Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru, SIK. Aplikasi ini bisa di-download oleh masyarakat melalui Play Store di handphone berbasis android dan IOS.
Aplikasi ‘Polisi Dalam Genggaman’ Polres OKU Timur yang dibuat sendiri oleh Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru, SIK.

 

6.Apa yang menjadi target dan harapan Bapaka untuk stabilitas keamanan di Kabupaten OKU Timur ke depan?

Kami dari pihak kepolisian akan terus berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat OKU Timur khususnya. Namun, kami juga berharap terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara masyarakat dengan Polres OKU Timur agar kondisi keamanan di Kabupaten OKU Timur semakin baik ke depannya.

 

 Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru, SIK saat melakukan gelar perkara pengungkapan kasus begal bersenpi.

Kapolres OKU Timur, AKBP Audie S Latuheru, SIK saat melakukan gelar perkara pengungkapan kasus begal bersenpi.

 

Baca Juga

Kadisdik Sumsel Klaim Tak Ada Hambatan Lagi Soal Gaji Guru

Palembang, Sumselupdate.com – Berembus kabar mengenai molornya gaji guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Sumsel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *