Home / Headline / Ada Temuan DPT Ganda, Tim Advokasi Sarimuda Temui KPU Sumsel

Ada Temuan DPT Ganda, Tim Advokasi Sarimuda Temui KPU Sumsel

Palembang, Sumselupdate.com – Ada indikasi kecurangan terkait upaya untuk penggelembungan jumlah daftar pemilih tetap atau DPT kota Palembang yang ditemukan oleh tim advokasi pasangan Sarimuda-Rozak, dan tim advokasi pasangan Ishak – Yudha, maka dua tim advokasi inj mendatangi KPU Sumsel.

Ketua Tim Advokasi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang 2018 Sarimuda -Abdul Rozak, Febuar Rahman mengatakan, Senin (11/6/2018) saat di KPU menyampaikan adanya temuan pemilih ganda ini setelah tim nya menerima salinan DPT resmi dari KPU Palembang.

Menurutnya setelah ada temuan pihaknya langsung melakukan penelitian, benar adanya di dalam DPT Sukarame ditemukan begitu banyak jumlah pemilih dengan nama dan NIK yang sama, namun memiliki perbedaan tempat memilih.

Selanjutnya tim advokasi paslon nomor urut 2 juga menemukan banyak calon pemilih tidak memiliki nomor Kartu Keluarga, namun ditetapkan sebagai pemilih yang terdaftar di DPT.

“Kita minta kepada KPU agar segera menindaklanjuti temuam ini, sebab jika tidak maka ini berpotensi muncul pemilih siluman. Pemilih dengan identitas palsu beropotensi rusuh,” jelasnya.

Febuar, mencontohkan dari 512 mata pilih di Kelurahan Kebun Bunga, tim advokasi Sarimuda-Rozak hanya menemukan sekitar 20 pemilihan yang valid. Pihaknya juga memastikan temuan DPT ganda tidak hanya ada di Kelurahan Kebun Bunga, namun terdapat disejumlah Kelurahan dari 18 Kecamatan.

Kuat dugaan, DPT ganda sengaja diterbitkan dengan maksud untuk memanipulasi data dan informasi pemilih yang berhak memberikan suara di TPS pada Pilkada Palembang dan Pilgub Sumsel 2018, jika tetap digunakan sebagai pedoman dalam proses pemungutan suara dapat menimbulkan kecurangan dan dimanfaatkan salah satu pasangan calon tertentu.

Sementara itu Sekretaris KPU Sumsel, Sumarwan menyampaikan akan mempelajari temuan tersebut, untuk selanjutnya melakukan langkah-langkah sesuai aturan yang berlaku. (adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.