Home / Headline / 13 TKW Ilegal Gagal Berangkat ke Timur Tengah
Ilustrasi TKI

13 TKW Ilegal Gagal Berangkat ke Timur Tengah

Medan, Sumselupdate.com – Pemberangkatan 13 orang kerja wanita (TKW) tujuan Timur Tengah digagalkan petugas Imigrasi Kelas I Medan, Sumatera Utara. Mereka ditangkap petugas di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (16/3).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Medan Lilik Bambang mengatakan, penangkapan berawal ketika petugas imigrasi di Bandara Kualanamu, mencurigai 13 wanita penumpang pesawat Silk Air asal Bandara Soekarno Hatta. Saat ditanyai mereka tidak bisa membuktikan dokumen lengkap keberangkatan mereka.

“13 TKW ilegal saat ini ditahan Gedung Imigrasi Medan,” kata Lilik di Medan, seperti dikutip di laman metrotvnews.com, Jumat (17/3/2017).

Baca Juga :  Diduga Mengantuk, Taksi Ini Naik Trotoar Tabrak Tiang Lampu

Fatiah, (35), TKW asal Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten mengaku, tak mengetahui dirinya berstatus ilegal. Ia dihubungi seseorang yang menawarkan pekerjaan. Fatiah tak curiga diminta datang ke bandara.

Dipandu seseorang melalui telepon, mereka menumpang Lion Air dengan tujuan penerbangan Jakarta-Kualanamu, 16 Maret 2017. Namun naas, setibanya di Bandara Kualanmu Fatiah bersama 12 orang lainnya ia diciduk pihak imigrasi. “Saya mah enggak tahu. Saya cuma ikuti petunjuk yang mengatur kami,” kata Fatiah.

Ibu dua anak ini mengatakan, mereka dijanjikan dengan gaji yang besar. Namun ia tak dapat mengatakan siapa yang mengarahkan mereka.  Karena, orang yang mengarahkan mereka via telepon selalu orang yang berbeda. Ia pun tidak dapat mengingatnya satu-persatu.

Baca Juga :  Hanya Sebagai Saksi Kasus, Alasan Golkar Protes Pencegahan Novanto

“Mereka bergantian mengarahkan kami. Waktu di Serang, saya di telpon. Katanya sudah lengkap tiket kami, jadi kami tinggal terbang saja,”katanya lagi.

Petugas imigrasi saat ini tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk kepulangan 13 orang TKW ilegal ini ke daerah asal masing-masing. “Kami koordinasi dengan Dinas Sosial untuk pemulangan mereka ke daerah asal masing-masing. Karena, sampai saat ini mereka tidak punya apa-apa dan mereka juga ditipu oleh calo,” beber Lilik. (pto)

Baca Juga

Kemenpan-RB Akomodir Honorer K2 di Penerimaan CPNS, Tapi…

Tomohon, Sumselupdate.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, honorer K2 pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *