Home / Headline / 124.191 Lembar Surat Suara di KPUD PALI Selesai Dilipat
Gudang logistik KPUD PALI.

124.191 Lembar Surat Suara di KPUD PALI Selesai Dilipat

PALI, Sumselupdate.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KUPD) Kabupaten PALI menargetkan pelipatan dan penyortiran surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) sebanyak 124.191 lembar selesai Rabu (6/5/2018).

“Proses pelipatan sudah mulai sejak Senin dan di target selama tiga hari selesai. Jadi hari ini diharapkan selesai,” kata Ketua KPUD Kabupaten PALI Hasyim SE melalui Sekretaris KPUD Marmansyah saat ditemui di Gudang Logistik KPUD PALI.

Usai dilakukan pelipatan dan penyortiran, terang Marmansyah, pihaknya akan melaporkan ke KPUD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berapa banyak surat suara yang rusak sehingga bisa dilakukan pergantian.

“Makanya kita targetkan untuk pelipatan dan penyortiran dilakukan selama tiga hari. Kita mengejar pencetekan ulang surat suara yang rusak, karena 8 Juni itu percetakan sudah tutup,” terangnya.

Walaupun menargetkan cepat selesai, beber Marmansyah, pihaknya hanya mengerjakan sebanyak 20 orang saja yang diambil dari KPUD PALI, Panwaslu dan honorer.

“Karena jumlah surat suara itu tidak terlalu banyak makanya kita hanya mempekerjakan sebanyak 20 orang saja. Dan jumlah itu kami kira bisa menyelesaikan sesuai target,” bebernya.

Usai dilakukan pelipatan dan penyortiran, dijelaskannya, tahapan berikutnya, pihaknya menunggu pengiriman formulir C1 hingga C6. “Untuk logistik lainnya seperti kotak suara 326 sudah ada dan dirakit dan siap digunakan, begitu juga dengan bilik suara sebanyak 622,” jelasnya.

Sedangkan untuk pendistribusian, lanjut Marmansyah, formulir C6 sifatnya pemberitahuan akan didistribusikan seminggu sebelum pencoblosan.

“Tapi kalau untuk yang lainnya seperti surat suara termasuk formulir C1 hingga C5 akan didistribusikan paling lambat H-3 sebelum pencoblosan. Karena surat suara tidak bisa menginap untuk menghindari adanya kecurangan,” tukasnya. (adj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.